BERITA UNIK

10 Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan, Cegah Infeksi

10 Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan, Cegah Infeksi

Domino206Lounge – 10 Manfaat buah Cranberry sangat kaya akan antioksidan. Cranberry merupakan salah satu dari ragam jenis buah beri yang punya banyak manfaat. Buah ini berasal dari Amerika Utara dan menyebar ke seluruh belahan dunia. Di Indonesia, cranberry tersedia dalam bentuk buah beku, kering, atau jus buah.

Cranberry merupakan sumber vitamin dan mineral. Faktanya, jus cranberry tanpa pemanis mengandung mineral kalsium, magnesium, kalium, selenium, besi dan seng dan merupakan sumber yang baik dari 15 vitamin esensial termasuk vitamin C, B6, B12, E, K dan A serta tiamin, niasin dan riboflavin.

Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh. Cranberry juga kaya antioksidan seperti flavonoid. Antioksidan ini dikaitkan dengan pengurangan kolesterol dan pembentukan gumpalan darah. Mereka juga dapat membantu mencegah infeksi.

Berikut manfaat buah cranberry seperti dirangkum Domino206Lounge dari berbagai sumber, Sabtu (18/4/2020).

Manfaat buah Cranberry

Kenali Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Bantu atasi infeksi saluran kemih

Jus cranberry telah lama digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberry memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi kolonisasi Escherichia coli di kandung kemih. Bakteri ini menjadi penyebab dari infeksi saluran kemih.

Cranberry mengandung proanthocyanidins, sejenis senyawa yang apat membantu mencegah ISK dengan menghentikan bakteri menempel pada lapisan saluran kemih. Jika bakteri tidak dapat tumbuh dan menyebar, infeksi tidak dapat berkembang.

Sehatkan kardiovaskular

Cranberry juga mengandung fitonutrien lain dengan sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi mampu menjaga sistem kardiovaskular tetap sehat. Peradangan memainkan peran dalam merusak pembuluh darah yang menyebakan berbagai penyakit. Fitonutrien dalam cranberry dapat membantu mencegah peradangan dan menawarkan perlindungan terhadap jantung. PokerOnline

Manfaat buah Cranberry

10 Manfaat Buah Cranberry
Ilustrasi mulut

Cegah pertumbuhan kanker

Sebuah tinjauan tahun 2016 dari 34 studi praklinis mengungkapkan bahwa cranberry memiliki beberapa efek menguntungkan pada sel kanker dalam tabung reaksi. Cranberry diteliti dapat memicu kematian sel kanker, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan mengurangi peradangan. Meski demikian, penelitian masih harus terus dilakukan, terutama efeknya pada manusia.

Jaga kesehatan mulut

Proanthocyanidins antioksidan tingkat tinggi yang terkandung dalam cranberry juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut. Ini karena antioksidan ini dapat mencegah bakteri menempel di permukaan gigi. Jus cranberry juga menciptakan lapisan pelindung pada gigi.

Cranberry mampu menghambat perkembangan glukan, yang dibutuhkan gigi untuk membangun plak gigi. Jus cranberry mencegah bakteri membentuk plak dengan menghambat enzim-enzim ini.

Manfaat buah Cranberry

10 Manfaat Buah Cranberry
Menyehatkan Sistem Pencernaan

Memerangi kerusakan terkait usia

Senyawa kimia dalam cranberry merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas berbahaya. Kehadiran antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan yang berkaitan dengan usia pada jaringan tubuh. Manfaat ini terkait dengan pencegahan kanker, diabetes, penyakit jantung, kesehatan pencernaan, dan kesehatan saluran kemih.

Lancarkan pencernaan

Ekstrak cranberry dapat melindungi kesehatan usus dan pencernaan. Buah ini memiliki aktivitas antimikroba yang kuat yang menghambat infeksi patogen di usus. Bahan aktif dalam cranberry juga memberikan efek prebiotik dan meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus.

Phytochemical yang terkandung dalam cranberry memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Dalam sebuah studi dari 2018 dalam Journal of Science of Food and Agriculture mencatat bahwa jus cranberry menghambat produksi bakteri H. pylori.

Manfaat buah Cranberry

10 Manfaat Buah Cranberry
Manfaat buah Cranberry

Cegah infeksi

Senyawa dalam cranberry dapat membantu melawan virus dan bakteri. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa cranberry menghambat pertumbuhan tujuh mikroba bakteri penyebab infeksi. Demikian pula, sebuah penelitian tahun 2010 menemukan bahwa cranberry dapat melawan beberapa virus, termasuk norovirus. Virus ini merupakan penyebab umum penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Sumber vitamin C dan E yang baik

Buah cranberry merupakan sumber vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Dua vitamin ini merupakan agen antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Vitamin C dan E juga dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Vitamin C berguna untuk membentuk kolagen sementara vitamin E berperan menutrisi kulit. Keduanya baik untuk mecegah penuaan dini. Vitamin C dan E juga mampu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga : 5 Posisi Seks Jika Kamu Ingin Lebih Banyak Sesi Make Out

Manfaat buah Cranberry

10 Manfaat Buah Cranberry
ilustrasi Diabetes

Aman untuk diabetes

Buah cranberry rendah kalori dan cukup serat. Buah ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Buah cranberry juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Buah cranberry juga mampu mencegah risiko timbulnya diabetes. Jus cranberry juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Obesitas sangat erat kaitannya dengan risiko diabetes.

Bantu detoks tubuh

Buah cranberry dapat bermanfaat sebagai detoks tubuh. Cranberry mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid. Antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Jus cranberry juga kaya akan kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin C, A, E, dan K. Minuman ini baik untuk mengisi elektrolit tubuh yang hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *