BERITA UNIK

Hewan Unik Di Gurun Victoria Besar

Domino206LoungeHewan Unik Di Gurun Victoria Besar. Gurun Victoria Besar atau Great Victoria Desert adalah gurun terbesar yang ada di Benua Australia. Lokasi gurun ini adalah di Australia sebelah barat bagian selatan. Luas gurun ini sekitar 442 ribu kilometer persegi, dengan kondisi ekstrem yang mencakup suhu tinggi, curah hujan rendah, hingga badai petir yang cukup sering terjadi.

Dunnart bukit pasir

Hewan Unik Di Gurun Victoria Besar

Hewan Unik Di Gurun Victoria Besar. Dunnart adalah sejenis marsupial mirip tikus yang merupakan insektivor. Dunnart bukit pasir (Sminthopsis psammophila) adalah salah satu spesies dunnart terbesar, dengan panjang mencapai 16 cm dan berat 40 gram. Sebagai insektivor, mereka makan serangga seperti belalang, jangkrik, rayap, dan kumbang.

Malleefowl

Hewan Unik Di Gurun Victoria Besar

Malleefowl (Leipoa ocellata) adalah burung endemik Australia yang unik. Mereka hidup di darat karena tak bisa terbang. Ukuran mereka kira-kira seukuran ayam, bahkan mereka masih merupakan kerabat jauh dari ayam. Burung ini merupakan omnivor dan makan biji-bijian, buah-buahan, jamur, dan serangga kecil.

Beo putri

Hewan Unik Di Gurun Victoria Besar

Domino206 Selain mallefowl, di Gurun Victoria Besar ternyata kita juga bisa menemukan spesies burung beo yang berwarna-warni. Namanya adalah princess parrot alias beo putri (Polytelis alexandrae). Meski hidup di daerah yang gersang, beo putri jantan memiliki warna-warni pelangi yang indah di tubuhnya. Si betina memiliki warna yang mirip, tapi lebih pucat.

Katak penyimpan air

Hidup di gurun yang gersang memang menuntut hewan beradaptasi dengan cara menyimpan sebanyak mungkin cairan di dalam tubuhnya. Untuk urusan itu, katak penyimpan air (Litoria platycephala) adalah salah satu yang terbaik. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa mereka punya kemampuan menyimpan air yang luar biasa.

Dingo

Gurun Victoria Besar tentu juga memiliki predator alfa. Salah satunya adalah dingo (Canis lupus dingo) salah satu subspesies serigala yang tersebar di hampir seluruh wilayah Australia. Mereka bertubuh langsing, rambut berwarna cokelat, telinga yang tegak ke atas, serta ekor yang berambut lebat. Tak seperti serigala, dingo bisa berburu sendirian. Tapi mereka juga bisa berburu dalam kelompok berisi 2-12 individu. Dilansir Britannica, dingo sangat aktif dan bisa berjalan sejauh 20 km per hari. Dingo umumnya memangsa kelinci dan hewan pengerat. Meski termasuk anjing liar, dingo bisa dijinakkan, umumnya oleh orang Aborigin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *