BERITA UNIK

Mengenang Dakota RI-001, Pesawat Angkut Pertama Indonesia Hasil Sumbangan Rakyat Aceh

domino206lounge Mengenang Dakota RI-001, Pesawat Angkut Pertama Indonesia Hasil Sumbangan Rakyat Aceh. Dakota RI-001 adalah pesawat angkut pertama Indonesia yang di beli atas sumbangan rakyat Aceh di tahun 1948.

Pesawat ini menjadi tulang punggung Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan saat Belanda melakukan agresi militer guna merebut negeri yang telah mereka jadikan daerah koloni sejak ratusan tahun yang lalu.

Melalui perjuangan yang tidak sedikit dari rakyat Aceh, pesawat yang sangat hebat ini akhirnya bisa mendarat di tanah air. Bahkan, bisa di gunakan untuk perjalanan udara pertama ke luar negeri. Mari mengenang sejenak Dakota RI-001 yang merupakan bukti nyata kekuatan rakyat Indonesia yang luar biasa.

Mengenang Pesawat Angkut yang Sangat Penting

pesawat Dakota Seulawah [image source]

Pasca hengkangnya Jepang dari Indonesia dan sekutu kembali dengan kekuatannya yang besar. Indonesia lambat laun harus berbenah diri dengan membeli banyak peralatan tempur yang sangat kuat. Di bidang Angkatan Laut ada John Lie yang berjuang sebagai penyelundup untuk mengumpulkan dana. Di Angkatan Udara, pengumpulan dana lumayan sulit untuk didapatkan.

Sementara dana masih di pikirkan, Biro Rencana dan Propaganda yang di pimpin oleh Wiweko Supono mulai melihat desain pesawat yang di butuhkan. Akhirnya mereka memilih jenis Dakota yang nantinya akan sangat berguna dalam hal pengangkutan barang dan juga pasukan militer dari satu tempat ke tempat lain.

Semangat Juang Bung Karo yang Tertular

ilustrasi Dakota RI-001 [image source]

Saat Bung Karno melakukan orasi di Aceh pada 16 Juni 1948, rakyat Aceh mulai kembali semangat. Nasionalisme mereka yang mulai redup mendadak meluap-luap karena ajakan dari Bung Karno. Pada momentum ini kepanitiaan yang dipimpin oleh Djuned Yusuf dan Said Muhammad Alhabsji mengutarakan niatan untuk meminta bantuan rakyat Aceh.

Mereka mengungkapkan niat bahwa Indonesia sedang akan membeli pesawat angkut. Dari sini negara membutuhkan bantuan dana yang cukup banyak. Tidak banyak waktu setelah orasi selesai banyak rakyat Aceh berbondong-bondong untuk menyumbangkan harta benda yang mereka miliki. Kaya atau miskin semua bersatu padu hingga dana yang terkumpul mencapai sekitar 20 kg emas.

Sumber : Poker Online

BACA JUGA : Venezuela, Negara Banjir Minyak Yang Rakyatnya Hidup Sengsara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *