BERITA UNIK

Raih Omset Miliaran Rupiah dari Berjualan Sambal

domino206lounge Raih Omset Miliaran Rupiah dari Berjualan Sambal.

Sikap ulet dan pantang menyerah, menjadikan sosok Lany Siswadi

Kini dikenal luas sebagai ikon dari merek Sambal Bu Rudy yang legendaris.

Sebelum menjadi seorang pengusaha di bidang kuliner, wanita asal Madiun, Jawa Timur harus melewati kehidupan yang cukup keras di masa lalunya.

Sempat putus sekolah saat berada di perantauan, membuat Lany memutar otak agar bisa bertahan.

Saat itu, ia harus bekerja keras membanting tulang membantu ibunya karena mereka hanya tinggal berdua. Mulai dari berjualan di toko hingga akhirnya menekuni usaha kuliner yang menjadi gerbang kesuksesannya di masa depan.

Kehidupan yang keras dan penuh perjuangan menjadi awal bagi seorang Lany Siswadi saat memutuskan untuk merantau ke Kota Pahlawan Surabaya, Jawa Timur.

Bersama sang ibu, ia ke sana dengan niatan ingin melanjutkan pendidikannya. Apa daya, kondisi perekonomian yang sulit pada saat itu membuat Lany terpaksa merelakan studinya di sekolah dasar.

Tak ingin berpangku tangan, ia pun berusaha membantu sang ibu semampunya dengan menjadi penjaga toko.

Pada tahun 1978, ia kemudian menikah dengan seorang pria bernama Rudy. Berkat Kerja keras dan dukungan sang suami, membuat Lany berhasil membuka usaha toko sepatu di Pasar Turi, Surabaya sebagai nafkah sehari-hari.

Raih Usaha Kuliner

Raih

Pada tahun 2000, peristiwa kebakaran di Pasar Turi turut melenyapkan bisnis Lany pada saat itu. Beruntung, Lany saat itu memiliki usaha sampingan di bidang kuliner dengan berjualan masakan khas Madiun. Setelah bisnis sepatu enggan diteruskannya, ia mulai fokus berjualan makanan.

Sementara itu, ide sambal yang kelak bernama Sambal Bu Rudy yang legendaris itu terinspirasi dari sang suami yang hobi memancing, yang kerap membawa pulang udang ke rumah.

Ia pun mencoba bereksperimen dengan mencampur udang dan sambal racikannya. Berawal dari coba-coba tersebut, ia akhirnya mendapat dukungan kerabatnya untuk menjual sambal buatannya.

Sambal legendaris

Raih

Sambal udang racikannya itu kemudian dipadukan dengan usaha nasi pecel khas Madiun miliknya.

Setahun kemudian, tepatnya pada 2001, Lany mencoba menjual sambal buatannya dalam kemasan botol dengan warna tutup yang berbeda-beda, yakni sambal terasi (merah), sambal bawang (kuning), sambal pedas (hijau). Seiring berjalannya waktu, sambal buatannya semakin laris dan dikenal oleh masyarakat.

Bisnis yang kemudian dinamakan Sambal Bu Rudy itu berhasil meraih omset hingga Rp 2 miliar dan telah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.

Hal ini tak lepas dari kerja kerasnya di masa lalu serta inovasi yang dilakukannya saat pertama meracik sambal udang tersebut.

Sumber : Poker Online

BACA JUGA : Tradisi Jepang Membuang Orang Tua Berusia Lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *