BERITA UNIK

Museum Dunia yang Menyimpan Benda Sejarah

domino206lounge Museum Dunia yang Menyimpan Benda Sejarah Pemerintah Belanda diketahui telah berjanji bakal mengembalikan berlian 70 karat asal Banjarmasin.

Yang dulu dirampas secara paksa di era kolonial. Benda berharga yang menjadi saksi sejarah masa lalu itu selama ini tersimpan dengan aman di Museum nasional Belanda, Rijksmuseum.

The Banjarmasin Diamond, anonymous, c.1875’, itulah nama yang tertera pada berlian 70 karat tersebut. Sejak zaman penjajahan kolonial, ada banyak benda berharga dan punya nilai sejarah dari tanah nusantara dibawa oleh ke luar negeri. Beberapa di antaranya tersimpan di museum-museum dunia berikut ini.

Museum Nasional Denmark

Museum

Tidak ada yang menyangka jika Museum Nasional Denmark atau National Museet banyak menyimpan sejarah milik nusantara, yakni etnografi peradaban Aceh. Benda-benda tersebut merupakan gambaran Aceh di masa lalu seperti barang-barang antik, bendera kerajaan yang diperkirakan eksis sejak tahun 1850 sampai dengan tahun 1900, dan benda-benda lainnya.

Keris Kyai Omyang

Museum

Salah satu koleksi berharga dari Museum Fur Volkerkunde yang berada di Jerman adalah senjata milik Pangeran Diponegoro, yakni Keris Kyai Omyang. Karena memiliki nilai secara spiritual, benda ini menjadi satu dari sekian koleksi berharga dari musium tersebut. Selain itu, ada pula koleksi alat musik berupa gamelan Jawa yang kerap dipamerkan pada pengunjung, berikut cara penggunaannya.

Ribuan benda bersejarah

Museum

Tropen musium atau museum antropologi yang berada di kota Amsterdam ini memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah yang berasal dari Indonesia. Rinciannya, ada sekitar 5.500 buah alat musik tradisional khas Indonesia dan benda-benda kesenian tradisional seperti wayang dan topeng, juga sekitar 21.000 buah artefak tekstil khas Indonesia.

Di antara musium dunia lainnya, Metropolitan Museum of Art di Amerika Serikat ini banyak menyimpan kebudayaan Indonesia di era Kerajaan Majapahit. Mula dari patung, aksesoris seperti perhiasan yang terbuat dari emas, mahkota, piring kuno, hingga pedati. Benda-benda tersebut merupakan saksi sejarah yang menggambarkan kemakmuran Majapahit di masa lalu.

Sumber : Poker Online

BACA JUGA : Budidaya Ikan Nila Dengan Sistem Bioflok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *