BERITA UNIK

Fakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek

Domino206LoungeFakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek. Benua Amerika merupakan salah satu benua yang terakhir ditemukan dengan berbagai keunikan alam sekaligus keanekaragaman hayatinya. Salah satu binatang unik yang terdapat di benua ini adalah bush dog atau anjing semak. Mamalia ini tergolong dalam keluarga Canidae dengan genus Speothos.

Berhabitat di Amerika Selatan dan Amerika Tengah  

Fakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek

Bush dog merupakan hewan mamalia endemik dari Amerika Selatan, yang mana dapat ditemui di wilayah negara Brasil, Peru, Suriname, Guyana, Venezuela, Colombia, Ekuador, Bolivia, Paraguay hingga utara Argentina. Serta terdapat pula di beberapa wilayah Amerika Tengah, seperti pada negara Panama dan Kosta Rika.  Sementara itu, anjing ini juga mudah beradaptasi sehingga dapat hidup pada area dataran rendah hingga dataran tinggi, maupun hidup pada area padang sabana hingga hutan belantara. Namun anjing ini akan cenderung memilih lokasi yang tak jauh dari sumber air, ungkap laman Animalia

Bentuk fisiknya berbeda dari anjing biasa dan menggemaskan

Fakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek

Fakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek. Anjing liar ini memiliki bentuk yang cukup unik dan cenderung kecil, di mana ukuran dewasanya bisa mencapai panjang 50-70 cm dan berat 6 kg. Sementara itu, menurut Zoo New England, binatang ini cukup pendek dikarenakan memiliki kaki yang sangat pendek, yang mana tingginya antara 20-30 cm saja. 

Hidup secara berkelompok dan termasuk binatang diurnal

Fakta Bush Dog Spesies Anjing Liar Berkaki Pendek

Bush dog termasuk binatang yang sangat akrab satu sama lain dan selalu hidup secara berkelompok. Biasanya mereka akan hidup dalam kelompok sedang berjumlah 12 individu. Selain itu, ia cenderung aktif pada siang hari untuk mencari mangsa, sedangkan pada malam hari akan bersembunyi di lubang untuk tidur, sesuai laman Animalia.  Anjing ini juga berburu secara berkelompok untuk melumpuhkan mangsa kecil seperti tikus, burung, ular dan lainnya. Selain itu, terkadang juga dapat memangsa seekor capybara yang ukurannya sebanding dengannya.

Binatang monogamous dan memiliki betina yang dominan

Sedangkan menurut Zoo New England, setiap kelompoknya memiliki pasangan yang dominan, sehingga nantinya hanya ada satu betina saja yang melahirkan dalam satu kelompok. Nah, sedangkan betina lainnya yang tidak melahirkan akan tetap ikut menjaga dan merawat anak-anak di kelompok tersebut.  Di sisi lain, anjing ini juga termasuk monogamous yang hanya akan kawin pada satu betina atau pejantan untuk seumur hidupnya. Selain itu, seperti yang dilansir dalam laman Animalia, anjing ini begitu solid dan menganggap satu kelompoknya sebagai keluarganya.

Termasuk spesies terakhir dari genusnya dan sempat dianggap punah 

Domino206 Bush dog termasuk dalam genus Speothos yang hanya terdiri dari dua spesies, seperti anjing semak (Speothos venaticus) dan Speothos pacivorus, yang sudah hidup sejak Zaman Pleistosen. Namun kini kerabatnya tersebut sudah punah, sehingga hanya menyisakan bush dog dari genusnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *