BERITA UNIK

Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan

Domino206Lounge Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan. Metode atau mekanisme perlindungan diri sudah tertanam secara genetik pada tiap-tiap organisme yang hidup di Bumi ini. Secara naluri, setiap makhluk hidup pasti akan mempertahankan dirinya sendiri dari bahaya atau gangguan yang datang. Begitu juga dalam dunia hewan, perlindungan diri adalah sebuah naluri alami yang mereka lakukan dari generasi ke generasi.

Perlindungan diri dengan listrik

Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan

Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan. Beberapa spesies hewan memiliki kemampuan melindungi diri dengan mekanisme mengeluarkan listrik dari tubuhnya. Secara umum, belut lisrik atau Electrophorus electricus dikenal sebagai salah satu spesies belut atau sidat yang mampu mengeluarkan listrik kuat dari tubuhnya. Biasanya kekuatan listrik yang mereka miliki akan dikeluarkan pada saat-saat terdesak. Beberapa juga dikeluarkan pada saat berburu, meskipun jarang.

Cakar dan gigitan mematikan

Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan

Hiu putih besar juga memiliki gigitan yang sangat mematikan, yakni pada kisaran 4.000 psi. Bahkan, untuk ukuran hiu putih yang sangat besar, kekuatan gigitannya kemungkinan sanggup mencapai 7.000 psi. Biasanya, pada spesies karnivor, gigitan kuat dibutuhkan untuk berburu sekaligus melindungi diri. Kekuatan ini dapat menghancurkan tubuh zebra dengan mudah.

Semburan darah dari mata kadal bertanduk

Mekanisme Perlindungan Diri Dalam Dunia Hewan

Domino206 Kadal bertanduk dari Texas terkenal dengan mekanisme pertahanan diri yang unik dan cukup aneh, yakni menyemburkan darah dari matanya untuk menakuti dan mengusir predator. Menurut laman Nature, sebagian besar dari jenis kadal bertanduk hanyalah spesies kadal yang memangsa semut.

Aroma busuk bisa menjadi senjata ampuh untuk mengusir predator

Beberapa spesies hewan sanggup mengeluarkan bau atau aroma menyengat pada saat mereka terdesak. Salah satunya adalah sigung. Hampir semua predator, hewan buas, dan bahkan manusia akan menghindari sigung karena memang spesies yang masuk dalam famili Mephitidae ini akan mengeluarkan aroma yang sangat busuk jika ia merasa terancam.

Racun dan bisa

Spesies seperti ular kobra, mamba hitam, taipan, weling, dan beberapa ular berbisa lainnya, memiliki kemampuan hebat untuk membunuh organisme hidup lain. Bukan hanya ular, namun juga laba-laba, ubur-ubur, kalajengking, dan bahkan ikan buntal juga memiliki racun yang bisa membunuh manusia dewasa hanya dengan dosis kecil.

Itulah beberapa metode atau mekanisme perlindungan diri yang ada di dunia hewan. Ternyata, cara mereka dalam melindungi diri memang sangat unik dan bahkan mematikan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *