BERITA UNIK

Hazara, Keturunan ‘Genghis Khan’ di Afghanistan yang Hidup dalam Bayang-bayang Diskriminasi

domino206lounge Hazara, Keturunan ‘Genghis Khan’ di Afghanistan yang Hidup dalam Bayang-bayang Diskriminasi. Ketangguhan pasukan Mongol yang dipimpin Genghis Khan di masa lalu tidak perlu dipertanyakan lagi.

Dari sebuah daerah kecil, mereka dapat menaklukan banyak daerah. Oleh sebab itu

Meskipun di masa lalu berjaya, namun rupanya keturunan mereka saat ini malah kebalikannya.

Hazara disebut cucu Genghis Khan

Banyak orang yang menyebut kalau salah satu etnis di Afghanistan ini sebagai para cucu dari Genghis Khan. Hal itu tidak terlepas dari jejak sejarah masa lalu, di mana pasukan Mongol sempat berkuasa di tempat itu pada abad ke-13. Para tentara yang dibawa oleh Genghis Khan, sebagian memilih untuk menetap di sana dan berkeluarga menjadi suku Hazara.

Keturunan Mongol di Afghanistan ini, dilansir dari laman BBC, berjumlah 9% dari total populasi Afghanistan. Dan mereka tinggal di daerah dekat gunung dan wilayah yang lumayan susah untuk bertahan hidup. Bahkan sampai saat ini ketika Taliban berkuasa, mereka masih susah.

Diskriminasi yang dialami Hazara

Meskipun keturunan penguasa di masa lalu, keadaannya sekarang malah sebaliknya.Ya, etnis Hazara ini ternyata malah mendapatkan diskriminasi di tempat tinggalnya. Usut punya usut, semua dilatarbelakangi agama yang dianut oleh mereka. Kebanyakan dari etnis Hazara ini adalah muslim, namun mereka menganut aliran Syiah.

Sejak Islam Sunni berkuasa di Afghanistan, ternyata diskriminasi sering terjadi pada mereka. Jadi bukan hal yang aneh, kalau mereka harus ditempatkan di daerah yang keadaan alamnya keras karena diskriminasi ini juga. Lalu pertanyaannya, apakah ketika Taliban berkuasa mereka masih menerima diskriminasi serupa seperti sedia kala?

Sumber : Poker Online

BACA JUGA : Jabatan Tinggi, Ini Potret Ganteng Ega Prayugi Anak Tukul Arwana Yang Jadi Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *