KESEHATAN

Beda Prediabetes dan Diabetes

domino206lounge Beda Prediabetes dan Diabetes Kadar gula darah yang tinggi kerap dikaitkan dengan diabetes tipe 2.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari keturunan hingga gaya hidup. Namun, tahukah Anda bahwa sebelum divonis mengidap diabetes, seseorang akan mengalami masa prediabetes.

Prediabetes dan diabetes adalah kondisi yang berkaitan dengan insulin, salah satu hormon alami tubuh.

Insulin membantu memindahkan gula dari darah dan masuk ke sel-sel, yang menggunakannya untuk energi.

Ketika tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau berhenti merespons insulin sebagaimana mestinya, kadar gula darah akan naik.

Kondisi inilah yang akan membawa seseorang pada fase pradiabetes dan diabetes. Menurut American Diabetes Association, diperkirakan 10 hingga 23 persen orang dengan prediabetes akan berisiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu 5 tahun.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda masuk fase prediabetes atau malah sudah masuk diabetes tipe 2.

Beda Prediabetes dan diabetes

Beda

Perbedaan antara prediabetes dan diabetes adalah pada seberapa tinggi kadar gula darah. Prediabetes adalah ketika kadar gula darah (atau glukosa) lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes tipe 2.

Pada prediabetes Glukosa Plasma Saat Puasa berkisar pada 100-125 mg/dL sementara pada diabetes bisa mencapai 126 mg/dL atau lebih.

Pada prediabetes Glukosa postprandial 2 jam berkisar 140-199 mg/dL dan pada diabetes mencapai 200 mg/dL atau lebih. Sementara itu pada prediabetes, pemeriksaan A1C akan menunjukkan angka 5.7%-6.4% sementara pada diabetes mencapai 6.5% atau lebih.

Mengenal prediabetes

Beda

Prediabetes berarti seseorang memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari normal. Namun, kadar ini belum cukup tinggi untuk dianggap diabetes tipe 2. Jika menderita prediabetes, kerusakan jangka panjang diabetes terutama jantung, pembuluh darah, dan ginjal mungkin sudah mulai terbentuk.

Penyebab pasti prediabetes tidak diketahui. Tetapi sejarah keluarga dan genetika tampaknya memainkan peran penting.

Kurangnya aktivitas fisik yang teratur dan kelebihan berat badan dengan kelebihan lemak di sekitar perut juga tampaknya menjadi faktor penting pemicu prediabetes. Jika memiliki prediabetes, seseorang berisiko terkena diabetes.

Sumber : Poker Online

BACA JUGA : Fungsi, Asam Jawa Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *